selasar-loader

Apa saran Anda untuk perbaikan Terminal Minak Koncar?

LINE it!
Answered Jul 03, 2017

Berryl Ilham
Lembaga Pers Mahasiswa Satu Kosong

_fBHPWNWNT2zCF0J8mHC-SnKR_gEQsp7.jpg

Terminal Minak Koncar di Kabupaten Lumajang merupakan pemberhentian bus antara dua kota, yakni Jember dan Probolinggo yang relatif lebih ramai daripada Lumajang itu sendiri. Karena posisi dan besar kota ini, alangkah baiknya Terminal Minak Koncar dibangun secara optimal pada sektor yang bisa menjadi titik penting lumajang seperti destinasi wisata alam.

Perlu diketahui akses menuju beberapa kecamatan di kabupaten Lumajang sangat terbatas, bahkan untuk menuju kota dari terminal hanya bisa diakses melalui angkot dan tidak ke pusat kota. Untuk menuju daerah wisata alam seperti Senduro dan Pronojiwo, di mana terdapat banyak air terjun maupun destinasi wisata pegunungan lain juga terbatas.

Adapun pembangunan Kawasan Wonorejo Terpadu dirasa kurang efektif berkenaan dengan mayoritas tujuan masyarkat menuju Lumajang yang bukan industri, tetapi wisata alam malah digunakan untuk pembangunan wisata buatan seperti di KWT sekarang.

Dari banyak pertimbangan tersebut, alangkah baiknya Terminal Minak Koncar difungsikan sebagai terminal utama bagi bus kecil dan angkutan dalam kota menuju ke destinasi wisata. Untuk mengoptimalkan hal ini, maka Terminal Minak Koncar harus memperbanyak armadanya, memposisikan diri sebagai terminal hub kecil dan memperbaiki fasilitas dalam terminal.

 

foto via panoramio.com

191 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored