selasar-loader

Apa yang akan kamu lakukan jika Lebaran sendiri di perantauan dan jauh dari keluarga?

LINE it!
Answered Jun 27, 2017

Ada yang mengatakan lebaran sendiri di perantauan dan jauh dari keluarga itu menyedihkan (setidaknya itu yang pernah saya rasakan dulu) , bagaimana dengan sahabat semua? apa yang dilakukan jika sendirian di perantauan 


Hari Nugroho
Bisa bahasa jawa ngapak

-DHjn4LXk4xV7KNTLITuio7yHIg7nozk.jpg

gambar via Mokum Instagram

Banyak yang bisa dilakukan ketika lebaran diperantauan yang jauh dari keluarga. Saat studi di Amsterdam, beberapa hal yang saya lakukan saat lebaran tiba adalah :

1. Kuliah 

TBVjFNdHieLPfppR0Yqyozu4xxDPOion.jpg

gambar dok. pribadi

Mengenaskan ya, hahahahaha.... Ya, saat itu saya masih ada jadwal kuliah, beruntung kuliah agak siang. Pagi hari setelah salat idul fitri, saya ngibrit lari-lari ke kampus untuk kuliah, dan jadwal saya adalah mengunjungi GGD, semacam primary health clinic.

 

2. Cari makanan Indonesia 

4PN-foNfhRfjMvjP4LUcMwWlzTDvmqDy.jpg

gambar via halaltrippers.wordpress.com

Saya pergi ke restoran iBoenda, salah satu restoran Indonesia di Belanda. Meski cuma makan nasi rames yang porsinya gede, hal tersebut cukup mengobati kerinduan akan kampung halaman.

3. Ketemu teman-teman Indonesia

Awalnya sih, udah niat mau ke acaranya KBRI, tapi akhirnya justru mengunjungi teman di Rotterdam. Apalagi saat itu dikasih tiket kereta gratis dari kawan di masjid Euro Moslem, jadilah saya melancong, biar gak sedih-sedih amat.

4. Telepon keluarga 

Saya telepon keluarga, video call via Skype dengan Bapak, Adik, dan Anak-Istri. Masa-masa begini bikin saya mewek, berasa banget siy lebaran di negeri orang.

Nah, lebaran kali ini pun saya gak bisa pulang, tapi yang jelas, kali ini coping skill yang dilakukan tanpa kuliah. Jadi yang dilakukan nomor satu adalah telepon keluarga, telepon Ibu serta Anak-Istri. Yang kedua, saya ngopi plus baca novel barunya A. Fuadi yang baru: Anak Rantau. Dan diakhiri makan nasi padang favorit.

56vkKYx3B-Z_JTSMCAVuRfszJXd8-BkD.jpg

gambar via dokumen pribadi

303 Views
Write your answer View all answers to this question