selasar-loader

Apa masakan lebaran khas keluargamu?

LINE it!
Answered Jun 25, 2017

Hari Nugroho
Bisa bahasa jawa ngapak

hGJHbBVsMlZmECCpzcU-0EOd_9_GCAlP.jpg

 

Lebaran biasanya identik dengan ketupat, opor ayam, sambal goreng hati dan krecek (kerupuk kulit), dan rendang. Di keluarga besar kami pun sejak dahulu juga menerapkan masakan yang sama, namun beberapa tahun belakangan, nampaknya keluarga kami mulai bosan jika setiap lebaran menunya demikian. Oleh karena itu, untuk mengatasi kebosanan terhadap masakan lebaran, keluarga kami memasak brongkos, pernah tahu soal masakan ini?

Brongkos merupakan masakan khas Jawa, yang jarang sekali mengalami urbanisasi. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, brongkos biasanya menjadi menu sarapan pagi. Rasa gurih, manis, dan pedas menjadi ciri khas brongkos. Jika dilihat, sekilas penampakannya mirip rawon, agak kehitaman karena sama-sama menggunakan kluwek sebagai salah satu bumbunya. Bedanya, brongkos menggunakan santan, sehingga kuahnya lebih kental dan gurih.

Bahan utama memasak brongkos adalah kacang tolo, baru kemudian tahu. Sering juga, brongkos dikombinasikan dengan telur bulat, daging sapi, ayam, atau koyor (kikil), ditambah cabe rawit merah utuh yang dimasak bersamaan.

Brongkos yang menyegarkan, dengan kolaborasi gurih, manis, dan pedas ini agaknya mengobati kebosanan terhadap masakan mainstream lebaran di keluarga kami. Mau dimakan bareng nasi atau ketupat, brongkos masih matching.

Anda mau mencoba makan brongkos, sebagai alternatif masakan lebaran?

 

Gambar via resepmembuat.com

183 Views
Write your answer View all answers to this question