selasar-loader

Apakah mereka yang gemar membaca buku selalu lebih pintar dari mereka yang tidak membaca buku?

LINE it!
Answered Jun 24, 2017

Hari Nugroho
Kecanduan mencari beasiswa ke luar negeri

YjIQ1CDPu_gfwSDZCWMqWgeXJkPPQ_L6.jpg

Apakah yang gemar membaca buku selalu lebih pintar dari pada yang tidak? Jawabnya tentu tidak selalu.

Mengapa tidak selalu?  Karena tidak ada orang yang expert pada semua bidang, sehingga yang gemar membaca pun belum tentu membaca buku semua bidang. Namun demikian, menurut saya ada kelebihan bagi orang yang banyak membaca buku, dibandingkan yang tidak, yaitu :

1. Sudut pandang lebih luas 

Penggemar baca buku tentu akan membaca banyak pemikiran yang dituangkan dalam tulisan, hal ini tidak saja memperkaya pengetahuan namun juga memperkaya sudut pandang. Para pembaca buku ini dapat melihat berbagai pendapat, membuat mereka tidaklah jumud atau fanatik buta, cenderung lebih obyektif dalam membuat kesimpulan tentang sesuatu, serta punya pemahaman yang lebih komprehensif dan tentu saja akan lebih ilmiah.

2. Mempunyai pilihan diksi yang banyak 

Akan banyak koleksi kata yang dapat kita jika rajin membaca buku. Pilihan diksi yang banyak membuat kita dapat berbicara dengan lebih lugas, dan mampu menyampaikan argumen dengan lebih baik serta tidak terlihat emosional.

3. Argumen yang dibangun akan mempunyai sumber yang lebih jelas.

Ketika berpendapat, orang suka baca buku akan lebih ilmiah karena punya referensi yang banyak, tak semata karena asumsi dan emosi.

Paling tidak itulah kelebihan orang yang suka membaca buku dibandingkan yang tidak suka membaca buku versi saya.

 

sumber gambar

352 Views
Write your answer View all answers to this question