selasar-loader

Apa kelebihan kuliah di jurusan Sejarah?

LINE it!
Answered Jun 23, 2017

Nur Fadhilah
Bijak karena Ilmu Sejarah

bmx5ezRpVQcmDOABS6oQxVCP3hxL85A3.png

Tidak sedikit orang memandang sejarah sebagai jurusan yang ditempatkan pada pilihan terakhir ketika hendak memasuki Perguruan Tinggi Negeri. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang memiliki kesadaran dan minat sejarah yang tinggi sehingga menempatkan sejarah sebagai jurusan yang diprioritaskan. 

Uniknya, mereka yang masuk di jurusan Sejarah biasanya tidak sebanyak jumlah yang masuk di jurusan lain. Namun demikian, mahasiswa jurusan Sejarah biasanya menjadi pusat perhatian di kelas umum yang isinya dari berbagai jurusan. Mengapa demikian? Karena mereka yang kuliah di jurusan Sejarah dapat dikatakan lebih aktif, terbuka dan kritis terhadap hal-hal yang didiskusikan di dalam kelas. Meskipun tidak semua mahasiswa sejarah seperti itu, namun sebagian besar mahasiswa sejarah memiliki karakter tersebut. Mereka akan cenderung menjadi pihak yang aktif bertanya maupun menjawab. Hal ini disebabkan karena di jurusan sejarah, mereka terbiasa mendiskusikan peristiwa-peristiwa masa lampau yang membuat pemikiran mahasiswanya terasah. Pengajaran tersebut dapat diaplikasikan dalam melihat suatu kasus dan menilainya dari berbagai sudut pandang.

Dalam suatu kasus, mahasiswa sejarah tidak dengan mudah dan cepat mengatakan bahwa suatu hal benar dan yang lainnya salah, jika tidak didasari atas fakta yang ada. Mereka cenderung akan lebih aktif, terbuka, dan kritis ketika berdiskusi di dalam kelas, terlebih ketika ada hal-hal yang didiskusikan tidak sesuai dengan fakta, karena sejarah berbicara tentang fakta. 

Sumber gambar : http://halokampus.com

384 Views
Write your answer View all answers to this question