selasar-loader

Bagaimana kehidupan keseharian sebagai seorang peneliti?

LINE it!
Answered Jun 21, 2017

Apa itu riset? Lalu, bagaimana pekerjaan keseharian seorang peneliti?


Arsil Kurus
Kepala divisi hukum dan kebijakan peradilan LEIP

Hasil gambar untuk peneliti

Kehidupan sehari-hari peneliti sangat berbeda dengan orang kebanyakan. Peneliti pada dasarnya adalah mutan. Tiap peneliti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bisa terbang, ada yang bisa berubah warna, ada juga yang kentutnya wangi tapi beracun. 

Yang membedakan dengan orang biasa, peneliti dapat tidur semaunya. Jika orang pada umumnya harus bangun sebelum matahari pagi terbit, aturan tersebut tidak berlaku untuk peneliti. Jika peneliti tidur, matahari yang akan menunggu para peneliti bangun sebelum ia bisa terbit. Itulah sebabnya mengapa matahari tidak terbit di seluruh wilayah dalam waktu yang bersamaan. 

Pekerjaan peneliti sangatlah beragam. Ada yang pekerjaannya meneliti ujian, ada yang meneliti uang kembalian, dan lain sebagainya. Salah satu peneliti yang sangat disegani oleh komunitas peneliti adalah Bibi Titi Teliti. Beliau adalah peneliti yang paling teliti. 

Walaupun peneliti sangat beragam, namun kami memiliki alat pemersatu yang membuat peneliti solid dan menghargai perbedaan. Pemersatu tersebut adalah sebuah semboyan bersama yang sangat dipegang teguh oleh para peneliti. Semboyan tersebut adalah "Teliti Sebelum Membeli". 

Demikian sekilas mengenai kehidupan peneliti. 

Nb: Satu lagi. Terkait pertanyaan apa itu riset. Riset adalah sebuah tombol yang ada di komputer atau laptop, yang kalau tombol tersebut ditekan, sistem komputer akan mati dan hidup kembali (restart).

Ilustrasi via cdns.klimg.com

533 Views
Write your answer View all answers to this question