selasar-loader

Bagaimana cara belajar bahasa pemrograman secara autodidak?

LINE it!
Answered Jun 20, 2017

Mhd Fadly
Freelancer, penulis

GQMuSXfPaPt-2ymvYpJf9Nj-9PEiomAX.jpg

Saya adalah orang yang belajar selalu dengan otodidak, khususnya ilmu-ilmu yang terkait di bidang komputer. Pelajaran otodidak yang saya mulai di bidang komputer pada mulanya dari sisi desain grafis. Hanya karena melihat seseorang menggambar logo PUMA dengan menggunakan Corel Draw, akhirnya saya mampu menggunakan aplikasi Corel Draw hingga 90%. Ketika sering instalasi dan format ulang komputer, dan saya mulai mengganggap Corel mempunyai kelemahan bagi saya, maka saya mendesain hari ini menggunakan produk Adobe, baik itu Photoshop, Ilustrator, After Effect, Indesign dan lainnya.

Begitu juga di dalam bahasa pemrograman, saya belajar secara otodidak hingga hari ini saya mampu melahirkan website khairulqurun.com dan diminta untuk membuat dan mengelola website salah satu anggota komis yudisial Farid Wajdi.

Saya bukanlah orang yang mempunyai kelebihan uang untuk ikut kursus sana dan ikut kursus di sini. Dari latar pendidikan saya juga bukanlah jurusan yang membidangi dunia komputer. Saya hanya lulusan S1 Dakwah yang saya ikuti karena ada program beasiswa dari salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Namun, passion tidak akan lari jauh bila kita sudah mengetahuinya. Saya hanya orang yang sekedar hobi dengan komputer. Maka, saya senang untuk semua hal yang terkait dengan komputer, memperbaikinya, mendesign, main game, ngoding, semua hal itu saya lakukan dengan senang hati.

So, tips untuk belajar otodidak, yaitu :

  1. Hal yang dipelajari merupakan passion kita atau minimlah hobi bagi kita. Artinya, kita mampu menghabiskan waktu tanpa terasa dengan mempelajarinya atau menggunakannya.
  2. Temukan tujuannya, awal mula saya mendesign karena ingin membuat logo. Awal mula saya belajar photoshop karena ingin merubah foto. Dan awal mula saya ngoding karena saya ingin punya website, awal mula saya bisa After Effect karena saya ingin membuat animasi. Maka tujuan itu sangat penting, dengan tujuan yang sudah pas, kita bisa mencari tahapan-tahapan tutorial apa yang ingin kita buat.
  3. Belajar dengan membeli buku, atau mengikuti tutorial online. Tutorial online dapat kita cari dari mbah Google, atau Youtube, atau untuk coding dapat juga mengikuti kelas online secara free di sekolah koding atau di code saya
  4. Mengikuti Forum tutorial terkait, banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk menghasilkan sesuatu. untuk membuat sebuah logo, para desainer akan bervariasi dalam cara membuatnya. Maka dengan mengikuti forum kita akan dapat menambah wawasan berbagai aspek dalam mencapai tujuan. Begitu juga programing, baik itu dari cara penulisan, bahasa yang digunakan atau tools yang digunakan. Informasi itu terkadang lebih lengkap kita dapati dengan mengikuti forum apa yang ingin kita pelajari.
  5. Oprek-oprek file mentah. Jika mempunya relasi yang kuat dan yang sudah mahir, tidak salahnya meminta kepadanya file mentah dari apa yang sudah ia buat. Dengan file mentah tersebut kita dapat mencoba merubah dan mengembalikan ke awal kembali. Dengan ini kita bisa menemukan kesalahan-kesalahan.

 

sumber gambar: jurnalweb.com

380 Views
Write your answer View all answers to this question