selasar-loader

Apakah terlalu banyak gerakan dapat membatalkan salat?

LINE it!
Answered Jun 19, 2017

Bagaimana Islam mengatur gerakan-gerakan di luar gerakan salat?


Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

xaKK8wWP15fkMxDw7rhKgo6MP9Is74Gj.jpg

Pada saat tarawih di minggu pertama awal Ramadhan tahun ini, saat witir saya berdiri di belakang shaff yang ditinggalkan oleh seseorang yang tidak mengikuti witir, sedang di sisinya terdapat orang yang sudah melakukan takbiratul ihram, pada akhirnya sepanjang sholat witir tersebut terdapat kekosongan atau kerenggangan sejarak satu orang. Hal ini adalah ciri-ciri terputusnya shaff dalam sholat.

Suatu kesalahan dalam pemahaman dan mungkin juga gaya penyampaian orang tua dulu, bahwa melakukan gerakan yang tidak termasuk gerakan sholat dapat membatalkan sholat. Pada akhirnya ketika sudah melakukan takbiratul ihram, orang yang sholat sebaiknya seperti patung yang tidak melakukan apapun kecuali gerakan sholat itu sendiri.

Melakukan pergerakan selain gerakan sholat adalah hal yang lumrah, jika gatal maka di garuk tempat yang gatalnya, jika ingin bersin maka sembari menutup hidung, dan jika menguap senantiasa ditutup mulutnya walaupun dalam keadaan sholat, hanya saja sebaiknya melakukan gerakan selain gerakan sholat seperlunya saja. Bahkan diperbolehkan berjalan ketika sholat ketika kita menjadikan seseorang sebagai sutrah, dan kemudian orang tersebut pergi, maka kita berjalan mencari sutrah terdekat. Atau berjalan dalam sholat untuk menutupi shaff yang kosong.

Sebagai contoh: dalam suatu sholat berjama'ah seseorang melakukan hal yang membatalkan wudhu (kentut - otomatis batal sholatnya), maka orang tersebut harus keluar dari shaff, dan orang yang berada di sekitarnya dapat mengisi shaff tersebut. Bisa jadi diisi dari belakang, atau dari samping dengan berjalan ke depan atau berjalan ke samping.

Bergerak sebanyak apapun tidak termasuk hal yang membatalkan sholat, namun dapat mengurangi kekhusuan dalam melaksanakan ibadah tersebut. Karena yang membatalkan sholat adalah hal-hal yang membatalkan wudhu juga. 

 

sumber gambar: muslim.or.id

311 Views
Write your answer View all answers to this question