selasar-loader

Mengapa pelajaran bumi datar tidak ada di sekolah? Mengapa pemerintah selalu menghalang-halangi kebenaran diajarkan?

LINE it!
Answered Jun 19, 2017

Burhannudin Alwi
Mahasiswa Hukum

WsTNt0thpaDeJUg4euP7Bw8OcxL0kfuR.jpg

Mengapa pelajaran bumi datar tidak ada di sekolah? Ada, hanya saja sekadar disebutkan, bukan menjadi mata pelajaran tertentu. Kita tahu bahwa sebelum penemuan teori bumi bulat, manusia masih mempercayai bahwa bumi berbentuk datar bahkan menjadi pusat alam semesta. Lalu, mengapa tidak membahas bumi datar secara spesifik dan menyebutkan konspirasi yang ada saat ini? Apa yang diajarkan di sekolah adalah ilmu pengetahuan yang diakui secara universal. Konspirasi mengenai bumi datar adalah teori yang dahulu sudah dibantah sejak lama dan dunia pendidikan hanya mengakui tentang bumi yang tidak datar.

Pertanyaan kedua adalah mengapa pemerintah selalu menghalangi kebenaran diajarkan? Tidak juga, kalau pertanyaan ini masih berkaitan dengan pertanyaan pertama, sudah saya sebutkan bahwa pengetahuan yang diakui secara universal adalah bahwa bumi berbentuk bulat, bukan datar. Jadi, tentu saja kebenaran yang diakui juga bukan bumi yang datar. Dengan kata lain, pemerintah tidak menutupi kebenaran tentang bentuk bumi.

Akan tetapi untuk kasus lain, memang terjadi upaya dari pemerintah untuk menutupi fakta yang ada, hal ini banyak terjadi dalam pelajaran sejarah. Pada masa Orba, sejarah yang diakui adalah bahwa PKI merupakan dalang peristiwa 30 September. Menampik fakta bahwa PKI juga menjadi korban dan membenarkan pembunuhan terhadap PKI. Hal tersebut tentu bermaksud untuk melanggengkan kekuasaan pemerintah pada saat itu.

Selain itu, hal yang masih berlaku hingga sekarang adalah sejarah bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun. Padahal jika Anda bertanya pada sejarawan, mereka tidak akan mengatakan hal serupa (bahkan pertanyaan ini sudah dijawab di selasar). Untuk kasus ini, sepaham saya diajarkan untuk menumbuhkan rasa cinta pada tanah air. Tahu bahwa bangsa sendiri dijajah sekian lama dan dapat merdeka barangkali akan menumbuhkan rasa heroik pada diri siswa dan makin cinta pada tanah airnya.

735 Views
Write your answer View all answers to this question