selasar-loader

Apa yang Anda sukai dari kota Bogor?

LINE it!
Answered Jun 18, 2017

Muhammad Luthfi
Penduduk kota Bogor sejak kecil

bFoKvkAYXDMCBhEx7D1V61b241CzGrDV.jpg

Saya menyukai kota Bogor karena terkenal sebagai Kota Hujan. 

Namun bukan saya bangga karena sering hujan, tapi saya bangga karena Bogor memiliki ciri khas tersebut, terlebih lagi jika kita mempelajari lebih dalam bagaimana asal mula sebutan tersebut menjadi ciri khas kota Bogor.

Salah satu versi sejarah yang saya baca mengenai hal tersebut, dikatakan bahwa sebutan "Kota Hujan" sangatlah berkaitan dengan adanya Kebun Raya Bogor di tengah kota Bogor. Kebun Raya Bogor sudah 200 tahun menjadi tempat yang terkenal disini. Yang pada awalnya hanyalah sebuah taman lalu menjadi lokasi penelitian dan pengembangan tanaman, lalu saat ini menjadi pusat perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia yang sudah berkembang ke sejumlah wilayah di Indonesia. Terlebih dari sekedar pusat penelitian ataupun perlindungan hayati, Kebun Raya Bogor juga dapat dikatakan berperan sebagai jantungnya Kota Bogor. 

Di tengah permasalahan polusi udara kota, ataupun pencemaran lingkungan, Kebun Raya Bogor sangatlah berperan dalam memerangi hal tersebut dan selalu menjaga kestabilan lingkungan kota Bogor. Kebun dengan luas 87 hektar di tengah kota Bogor yang besar ini sangatlah berdampak banyak dalam kebaikan lingkungan.

Penyebab Bogor disebut sebagai kota hujan sebenarnya bukan karena kuantitas hujan atau seringnya hujan di kota Bogor, tapi karena Bogor adalah kota yang dapat menangani hujan dan memaksimalkan manfaat hujan dengan keberadaan kebun raya Bogor di tengah-tengahnya. Sistem penyerapan air, distribusi air, dan sebagainya yang menjadi peran jantung tengah kota itu menjadikan minim bencana banjir walau dilanda hujan yang deras sekalipun. 

Maka saya suka kota Bogor karena branding "Kota Hujan" nya, dan kehebatan Kebun Rayanya.

 

Sumber gambar: http://www.moremi-game-reserve.com/

425 Views
Write your answer View all answers to this question