selasar-loader

Seberapa penting keberadaan Smart Speaker di masa depan?

LINE it!
Answered Jun 16, 2017

Google membuat Google Home. Amazon membuat Amazon Echo. Sekarang, Line membuat Line Wave. Ketiganya sama-sama smart speaker. Apakah memang smart speaker di masa depan akan memiliki fungsi sepenting itu? Atau ini hanyalah tren inovasi yang akan ditinggalkan dengan cepat?


Hilman Fajrian
Founder Arkademi.com

HcXBcLxKiJ27bOhPlUYpAnCCdThh7p3N.jpg

Bila pertanyaannya adalah 'seberapa penting', maka parameter pertama kita adalah seberapa mampu sesuatu itu menghasilkan dampak yang besar. Smart speaker akan mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita di masa depan. Bentuk, sekup, dan kecerdasannya akan semakin berkembang.

Mungkin saat ini kita hanya melihat smart speaker sebagai perangkat yang bisa mendengar, bisa berbicara, dan mengerjakan hal-hal sederhana. Tapi membayangkan smart speaker masa depan adalah membayangkan seorang asisten rumah tangga yang sangat cerdas, mampu terus belajar dan beradaptasi, mengerjakan banyak hal secara instan, memberikan masukan, mengawasi rumah kita selama 24 jam menggunakan berbagai sensor, dan tugas-tugas kompleks lainnya.

Smart speaker saat ini adalah awal dari teknologi canggih yang sering kita lihat di film fiksi sains. Dimana ketika pulang ke rumah seseorang hanya tinggal berbicara untuk menyalakan lampu, memanaskan air, memesan pizza, dibacakan buku favoritnya, atau mencarikan jawaban atas sebuah pertanyaan. Mesin ini bisa belajar, beradaptasi, terkoneksi dengan banyak perangkat, dan berkembang untuk memecahkan serta melakukan makin banyak hal penting dalam hidup kita.

(credit photo: autonomous.ai)

421 Views
Anta Kusuma

Saya pikir sangat penting, apalagi jika trend jomblo semakin meningkat ke depannya. Bayangkan efek psikologisnya ketika ia bisa menjadi teman makan atau kencan:)  Jun 16, 2017

Write your answer View all answers to this question