selasar-loader

Apa pekerjaan yang ideal menurut Anda?

LINE it!
Answered Jun 16, 2017

Aqil Wilda
Pribadi Pembelajar // External Relation Rumah Kepemimpinan

4wSJ_72Ll2fmhhAL-BV8_60e9vnkdn64.jpg

Pekerjaan ideal menurut saya adalah ketika pekerjaan tersebut mengantarkan kita pada titik kesetimbangan dalam hidup. Titik kesetimbangan akan beberapa aspek dalam kehidupan kita. Pekerjaan yang baik adalah ketika mampu memenuhi secara optimal aspek-aspek berikut. Aspek-aspek yang saya maksud antara lain :
 

1. Self Awareness

Setiap orang pasti memiliki pemaknaan dalam hidupnya. Apa makna saya hidup? Untuk apa saya diciptakan? Setiap hati pasti memiliki jawaban yang beragam antara satu dengan yang lain. Seseorang yang telah menemukan pemaknaan dalam hidupnya maka akan secara jelas mendefinisi bagaimana kelak ia akan melangkah, termasuk dalam memilih pekerjaan. Seseorang dengan Self Awareness yang tinggi maka akan memilih pekerjaan yang akan mengantarkan ia menemukan secara mendalam apa makna hidup baginya. 

2. Passion 

Passion mudahnya diartikan sebagai kesenangan atau kegemaran dalam melakukan sesuatu hal. Hal ini ditandai dengan kegandrungan dalam melakukan suatu hal. Seseorang dengan passion akan lebih cepat menguasai suatu aktivitas dibanding mereka yang tidak menyertakan passion di dalamnya. Menemui apa passion kita memang perlu melalui proses pencarian yang mendalam. Seringkali passion tidak dapat ditemukan secara cepat. Hanya dengan kesabaran dan kegigihanlah, seseorang dapat menemukan passionnya.

3. Financial

Motif financial/mencari nafkah untuk diri dan keluarga merupakan motif yang seringkali dipakai seseorang dalam mencari pekerjaan. Seseorang akan cenderung memilih pekerjaan dengan imbal jasa yang besar dibandingkan dengan yang sekadarnya/sebatas UMR. Motif ini berbanding lurus dengan skill fulfilling seseorang. Semakin hebat skill seseorang akan sesuatu, maka ia akan dibayar lebih untuk itu. Motif ini pun juga berbanding lurus dengan tekanan dan beban kerja di mana kita berada. Semakin besar tekanannya semakin besar pula imbal jasanya.

4. Impact

Aspek terakhir yang saya akan bahas, setidaknya adalah lanjutan dari aspek yang pertama. Seseorang yang telah menemukan pemaknaan hidupnya akan dengan hati-hati memikirkan impact dari pekerjaan terhadap diri, keluarga, dan masyarakat. Ia tidak akan gegabah dan terburu-buru dalam memilih pekerjaan. Bolehlah suatu pekerjaan berimbal jasa tinggi, namun ketika diambil lantas keluarga tergadaikan, bisa jadi malah menjadi boomerang buat kita.

 

sumber gambar: daihatsu.co.id

348 Views
Write your answer View all answers to this question