selasar-loader

Bagaimana hukumnya mengadakan acara ulang tahun dalam ajaran Islam?

LINE it!
Answered Jun 15, 2017

Anonymous

U6f895tFQiAeLIOqz_Nszr89Wqqq8XbL.jpg

Jawabannya tentu tidak bisa "hitam-putih", karena nyatanya terdapat perbedaan ulama kita dalam menyikapi hukum merayakan ulang tahun.

Jika kita cari di literatur-literatur Arab, rata-rata akan kita temukan bahwa merayakan ulang tahun adalah sesuatu yang haram. Umumnya, hal ini dikaitkan dengam hadits "Barangsiapa yang mengadakan suatu perkara baru yang tidak ada perintah sebelmnya, maka amalannya akan tertolak". Ulang tahun dalam hal ini dipahami sebagai budaya yang bukan berasal dari Islam, mengingat perayaan dalam Islam hanya ada dua, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri. Selain itu, dalih pengharamannya diperkuat dengan alasan bahwa ulang tahun merupakan budaya non muslim, yang sebaiknya tidak ditiru.

Meski demikian, para ulama nasional, terutama ulama nahdhiyyin, telah selesai dalam membahas hal ini, dengan mengambil kesimpulan bahwa hukum merayakan ulang tahun adalah "mubah" (boleh). Keputusan para ulama kita inipun tentu juga bukan keputusan berdasarkan keinginan semata, ada pertimbangan-pertimbangan lain, serta mengacu pada hadits dan atsar, tersebut bahwa hukum merayakan ulang tahun adalah boleh.

Lebih lanjut : http://www.nu.or.id/post/read/36923/hukum-mengucapkan-selamat-ulang-tahun

 

sumber gambar: blogspot.com

232 Views
Write your answer View all answers to this question