selasar-loader

Apa kelebihan kuliah di Universitas Gadjah Mada?

LINE it!
Answered Jun 11, 2017

Burhannudin Alwi
Mahasiswa Hukum

WzenvYyTK3UVj5jyrDBhu4MttvLaCx2F.jpg

Jawaban ini terlepas dari faktor akademis atau hal-hal yang saya dapatkan dalam perkuliahan. Saya belum pernah merasakan perkuliahan di kampus lain, hanya mendengar cerita, untuk membandingkan hal ini tentu terlalu ngawang untuk saya. Untuk itu, sedikitnya ada 3 kelebihan yang dimiliki UGM di mata saya, hal ini juga menjadi alasan saya untuk memilih menjalani Pendidikan Tinggi di kampus rakyat ini.

Pertama, dari daftar universitas yang memiliki akreditasi baik, UGM adalah kampus yang paling dekat dengan tempat tinggal saya. Saya bahkan bisa pergi-pulang setiap hari untuk sampai ke kampus. Dari tempat tinggal saya pun hanya butuh waktu kurang dari 15 menit sampai saya bisa memarkirkan motor di Fakultas Hukum.

Kedua, kedekatan tempat tinggal dan kampus tentu menandakan bahwa budaya saya sama dengan budaya masyarakat UGM secara umum. Saya tidak perlu menyesuaikan diri dengan susah payah untuk bergaul. Rekan-rekan saya pun berasal dari latar belakang saya sama. Contohnya, saya masih bisa menggunakan Bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari di kampus. Tidak hanya mahasiswanya, tetapi juga pihak lain seperti pedagang-pedagang di sekitar kampus, atau bahkan tenaga pengajarnya.

Ketiga, biaya hidup di sekitar UGM cukup variatif. Bukan karena saya pergi-pulang setiap hari, tapi memang untuk membeli jajanan pun untuk ukuran mahasiswa dengan latar belakang ekonomi yang seadanya seperti saya, masih bisa terpenuhi. Yogyakarta terbuka dengan segala macam gaya hidup. Saya masih bisa makan tiga kali dengan uang 20.000 di warteg, kenyang dan bernutrisi. Kalau pun saya adalah mahasiswa berlatar belakang ekonomi yang berlebih, saya pun bisa mendapatkannya di sekitar UGM.

446 Views
Write your answer View all answers to this question