selasar-loader

Apa yang disebut "Nilai Berita" atau news value?

Last Updated Nov 24, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Mendalami ilmu jurnalistik sekaligus praktisi dengan menjadi jurnalis

Hasil gambar untuk berita

Sumber gambar via https://1.bp.blogspot.com/ (SUM)

Nilai berita atau news value adalah unsur-unsur pemikat yang harus ada pada setiap berita. Sebuah tulisan tidak bisa dikatakan berita jika tidak punya nilai (values). Nilai-nilai berita yang utama antara lain "Penting", "Menarik", "Aktual", "Novelty", "Terkenal", dan "Kedekatan". Unsur lainnya antara lain "Magnitude", "Numbers", "Konflik", "Unik", "Prestasi", "Seks", dan lain-lain.

Masing-masing pakar berbeda pendapat mengenai jumlah atau banyaknya nilai berita. Tetapi umumnya, unsur-unsur "Aktual", "Penting", "Menarik" dan "Terkenal" selalu disebut oleh berbagai pakar jurnalistik yang berbeda.

Bagaimana membedakan nilai berita "Penting" dengan "Menarik"? Saya ambil contoh seperti ini, jika Presiden Joko Widodo mengumumkan pada pergantian hari mengenai duduk perkara demonstrasi 4/11 di televisi dengan mengenakan jaket stylish yang biasa dipakai anak-anak remaja, maka nilai "Penting"-nya adalah pada apa isi pengumuman Jokowi terkait demonstrasi besar itu.

Dalam pernyataan itu publik dalam hal ini pembaca/pemirsa ingin mengetahui pernyataan presiden sebagai "orang nomor satu" di negeri ini. Adakah pernyataan yang kontroversial dalam pernyataan itu, misalnya mengenai dugaan adanya "politisi yang menunggangi" aksi itu. Maka, pernyataan itu begitu penting untuk diketahui publik karena menyangkut arah dan kebijakan politik seorang presiden.

Bagaimana kalau media menulis mengenai sisi "Menarik" dari peristiwa yang sama, yakni mengenai Jokowi yang menyampaikan pernyataan pers di istana? Tidak menjadi masalah. Publik juga ingin mengetahui jaket apa gerangan yang dikenakan Jokowi saat pengumuman itu? Media kemudian menulis sisi menarik dari jaket yang dikenakan presiden, mencari tahu apa mereknya, berapa harganya, di mana bisa mendapatkannya, siapa tokoh lain yang pernah memakainya, dan seterusnya.

Berita jaket Jokowi memang tidak penting, tidak terkait dengan kebijakan yang berpengaruh langsung terhadap rakyatnya, tetapi berita ini menarik perhatian pembaca. Bahkan untuk kasus di media online, berita yang paling banyak dibaca (most popular) adalah mengenai jaket Jokowi, bukan isi pernyataan Jokowi!

Bagaimana menjelaskan mengenai keterkenalan (prominency) seorang tokoh? Mudah sekali. Sosok seperti presiden, gubernur, bahkan bupati adalah sosok orang terkenal pada level masing-masing. Artis dan atlet nasional atau internasional adalah prominence, sosok terkenal. Memberitakan Jokowi atau Prabowo itu bisa penting atau menarik karena dua-duanya juga tokoh terkenal.

Berita juga harus aktual. "Aktual" adalah nilai berita yang penting. Sulit dibayangkan membuat berita atas peristiwa yang telah terjadi sebulan atau setahun lalu tanpa ada kebaruannya (novelty). Di sini antara "Aktual" dan "Kebaruan" saling terkait. Berita aktual adalah peristiwa yang baru saja terjadi atau bahkan sedang berlangsung/terjadi. Misalnya, unjukrasa besar yang terjadi di depan Istana.

Jika peristiwa itu sudah berlangsung sebulan atau setahun yang lalu yang sebenarnya sudah tidak aktual lagi, tetapi tetap bisa diberitakan asalkan ada "Kebaruan" di dalamnya. Misalnya diketahui melalui laporan kepolisian bahwa tokoh A atau politisi B berada di balik aksi besar yang bisa mengarah pada penggulingan kekuasaan yang sah. Akan menjadi lebih punya nilai berita jika dalam kebaruan fakta itu yang terlibat adalah tokoh ternama/terkinal atau prominence itu tadi. 

Sebelum menutup jawaban ini, saya ingin menjelaskan juga mengenai unsur "Konflik" sebagai nilai berita yang sangat penting dalam sebuah berita. Tidak bisa didebat lagi, konflik antara presiden dengan DPR, presiden dengan lawan-lawan politiknya, konflik antara Israel dan Palestina, konflik ISIS dan tentara sekutu, adalah berita yang setiap hari ada karena nilai beritanya yang sangat besar.

Answered Nov 30, 2016
Wilingga Wilingga
Menulis, menulis, menulislah

Nilai brita adalah suatu indikator dalam menaikkan berita tersebut dalam media. jadi seorang editor harus melihat dengan baik, apakah berita tersebut mempunyai nilai yang kuat atau tidak untuk dinaikkan di media kita. Nilai berita itu antara lain 1.ketepatan waktu, apakah berita itu baru terjadi atau kita saja yang baru mengetahuinya? nah ini harus benar-benar diperhatikan oleh editor. tentunya kita memilih berita yang baru saja terjadi. 2. Dampak, misalnya asap di Riau. kenapa media di Jakarta dulu lebih suka memberitakan kinerja 100 harinya Jokowi? Padahal rakyat Riau sudah kelabakan karena asap. ini disbabkan karna dampaknya, masyarakat Jakarta tidak merasakan dampak asap. 3. Kontroversi. 4. Tokoh Penting. 5. Topik Pembicaraan. 6. Keganjilan

Answered Jan 17, 2017
Mutsla Qanitah
Jurnalis Amatir

Nilai berita adalah faktor spesifik yang membuat suatu peristiwa layak untuk diberitakan dan diketahui oleh publik. Ada banyak sekali peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dalam waktu yang sama. Akan tetapi, tidak semua peristiwa memiliki nilai berita. Terdapat dua kata kunci yang menentukan apakah suatu peristiwa layak untuk diliput dan diberitakan oleh wartawan, yakni penting dan menarik.

Suatu peristiwa dapat dinyatakan memiliki nilai berita jika peristiwa tersebut penting dan/menarik untuk diketahui publik. Jika peristiwa tersebut tidak penting atau tidak menarik, maka ia tidak memiliki nilai berita. Nilai berita juga menentukan skala prioritas diliputnya suatu peristiwa, mana peristiwa yang harus didahulukan dibanding peristiwa lainnya, berdasarkan berbagai pertimbangan seperti proximity (kedekatan), kebaruan, dan sebagainya.

Nilai berita juga mempengaruhi jenis tulisan yang akan ditulis. Misalnya, peristiwa penting yang harus segera diketahui publik biasanya ditulis dalam bentuk hardnews, sementara peristiwa menarik biasanya ditulis dalam bentuk feature.

Answered Feb 2, 2018

Question Overview


5 Followers
2244 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana menjaga objektivitas seorang Jurnalis?

Apa perbedaan antara jurnalisme televisi dan jurnalisme cetak?

Benarkah peran media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Benarkah peran media arus utama atau media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen?

Kenapa pemberitaan setiap media nasional memiliki perspektif berbeda?

Siapa Itu Sukarni Ilyas yang dikenal dengan nama "Karni Ilyas"?

Siapa itu Pepih Nugraha?

Apa yang dimaksud dengan 5W 1H dalam menulis berita?

Siapa Jakob Oetama dalam dunia jurnalistik dan media Indonesia?

Adakah unsur lain selain 5W+1H dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud "Gods given fact" dalam menulis berita?

Apa yang dimaksud dengan 'off the record' dalam jurnalisme?

Apa yang dimaksud "Curiosity" dan "Skeptic" dalam menulis berita?

Siapa "Indonesia Man of the Year 2016" menurut Anda?

Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu (hoax)?

Bagaimana proses kreatif menulis berita di Harian Kompas, apakah atas inisiatif sendiri atau penugasan?

Apakah mungkin sebuah berita hoax justru merupakan informasi rahasia dan A1?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Siapa penulis populer favorit Anda? Mengapa?

Mungkinkah Tereliye melakukan plagiasi dalam beberapa karya atau novelnya?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Mengapa Helvy Tiana Rosa tidak lagi menerbitkan novel?

Apakah tips menulis terbaik yang pernah kamu dapatkan?

Bagaimana cara membuat suatu konten menjadi viral? Apa ada tips khusus?

Siapa pengarang buku favorit Anda? Apa alasan Anda?

Apa kriteria seorang Content Writer terbaik?

Bagaimana perkembangan Wordpress kini dan apakah Wordpress sebagai platform blogging masih relevan saat ini?

Mengapa orang Indonesia tidak punya sistem penulisan sendiri?

Apa yang membuat Anda kembali ber-Selasar?

Adakah perbedaan antara menulis skenario dengan menulis pada umumnya?

Istilah-istilah apa sajakah yang perlu dipahami dalam penulisan skenario?

Bagaimana cara agar hits suatu web bisa tinggi?

Apa yang membuat orang betah berlama-lama di suatu situs/web?

Bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung di blog?

Apa Content Management System (CMS) populer untuk Blog?

Seberapa kenal Anda dengan Matt Mullenweg pendiri Wordpress dan apa kesan Anda mengenai orang ini?

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang Blogger?

Mengapa saya harus membuat akun Selasar?

Apa yang anda ketahui tentang Multiply.com?

Bagaimana Selasar menjamin kualitas pertanyaan dan jawaban?

Seperti apa pertanyaan yang dianggap berkualitas di Selasar?

Apa kriteria jawaban berkualitas di Selasar?

Apa yang menyebabkan Anda meng-downvote sebuah pertanyaan di Selasar?

Apa yang menyebabkan Anda meng-upvote sebuah pertanyaan di Selasar?

Bagaimana caranya agar pertanyaan yang saya buat mendapatkan upvote lebih dari 1K?

Nilai-nilai apa saja yang terdapat di Selasar dan mengapa penting untuk diikuti?

Faktor-faktor apa yang dapat membuat jawaban saya ada di tingkat teratas dalam sebuah pertanyaan di Selasar?

Seberapa penting sebuah perusahaan merekrut lulusan perguruan tinggi berkualitas?